Breaking News

Minggu, 01 Desember 2013

Jenis-Jenis Zat Makanan yang Dibutuhkan oleh Tubuh

Hy teman sekarang saya akan posting artikel yang beda dari yang dulu, kalau dulu saya sering posting artikel tentang olahraga, orang-orang sukses, dan sejenisnya. Sekarang saya akan posting artikel tentang Pelajaran Biologi.


Berikut jenis-jenis zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh :

1.Karbohidrat


         Karbohidrat merupakan suatu senyawa kimia dengan rumus (CH2O)n. Molekul karbohidrat ada yang berukuran kecil dan ada pula yang berukuran sangat besar. Macam-macam karbohidrat sangat banyak. Berdasarkan jumlah rantai penyusunnya, karbohidrat dapat dibedakan menjadi monosakarida, disakarida, dan polisakarida. Pada makanan ada tiga karbohidrat yang terpenting, yaitu amilum, sukrosa, dan selulosa. Amilum atau pati merupakan zat tepung yang terdapat pada makanan pokok. Sukrosa merupakan disakarida yang rasanya manis, disebut juga gula tebu. Sementara itu, selulosa adalah serat kasar yang merupakan komponen dinding sel tumbuhan.

2.Lemak


         Lemak merupakan suatu senyawa organik yang tidak dapat larut di dalam air. Berdasrkan komponen penyusunnya, lemak dapat dibedakan menjadi bermacam-macam, antara lain trigliserid, fosfolipid, lipoprotein, dan streoid. Berdasrkan ada tidaknya ikatan rangkap pada rantai karbon asam lemaknya, lemak dapat dibedakan menjadi  lemak jenuh dan lemak tak jenuh.

3.Protein


         Protein merupakan polimer yang tersusun atas monomer yang berupa asam amino. Ada 20 jenis asam amino penyusun protein tubuh manusia. Keduapuluh asam amino tersebut dapat dikelompokkan menjadi asam amino esensial dan asam amino nonesensial. Asam amino esensial merupakan asam amino yang tdiak dapat dibuat di dalam tubuh manusia, sedangkan asam amino nonesensial merupakan asam amino yang dapat dibuat di dalam tubuh manusia sehingga kebutuhan asam amino ini tidak harus didatangkan dari luar tubuh dalam bentuk makanan.

4.Vitamin


         Vitamin merupakan senyawa organik yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah tidak banyak, tetapi harus selalu tersedia didalam tubuh. Hampir semua vitamin merupakan senyawa organik esensial sehingga harus disediakan dari makanan karena tubuh kita tidak dapat membuatnya, kecuali vitamin D. Vitamin dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu vitamin yang larut dalam lemak terdiri atas vitamin A, D, E, dan K, sedangkan vitamin yang larut dalam air adalah vitamin B dan Vitamin C.

5.Mineral


         Mineral merupakan senyawa anorganik yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit. Dikarenakan, unsur ini harus tersedia dalam bahan makanan kita karena banyak fungsi organ tubuh yang bergantung padanya. Biasanya mineral terdapat dalam bentuk garam-garaman yang terdapat pada makanan atau minuman.

6.Air


         Lebih kurang 70% tubuh manusia tersusun atas air. Cairan tubuh (seperti darah, saliva, keringat, dan urine) terutama tersusun atas air. Semua sel, termasuk sel-sel tulang dan otot, juga mengandung air. Orang dapat bertahan hidup selama dua bulan tanpa makan, tetapi tidak dapat hidup lebih dari beberapa hari tanpa air. Meskipun tidak mengandung nitrisi dan kalori, peran air sangat besar.
         



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By