Breaking News

Sabtu, 16 November 2013

10 Stadion Terbaik dan Terkenal di Dunia

hy teman inilah 10 stadion terbaik dan terkenal di dunia, semoga bermanfaat.

1.Stamford Bridge Stadium (Stadion Stamford Bridge)

Stamford Bridge adalah sebuah stadion sepak bola di London yang merupakan stadion kandang Chelsea FC. Stadion ini sering disebut "The Bridge" oleh fans The Blues dan memilikikapasitas 42.055 kursi penontonStamford Bridge dibuka pada tahun 1877 dan digunakan oleh London Athletics Club hingga tahun 1905, saat pemilik baru Gus Mears mendirikan Chelsea Football Club untuk menempati stadion.
Chelsea memainkan pertandingan kandang di stadion ini sejak saat itu. Stadion ini telah mengalami berbagai perubahan besar selama bertahun-tahun, yang terakhir pada dekade 1990-an ketika dilakukan renovasi untuk menjadikan sebuah stadion yang lebih modern, stadion dengan kursi penonton pada setiap tribun.
2.Allianz Arena Stadium (Stadion Allianz Arena)
Allianz Arena adalah stadion sepak bola yangmerupakan markas dari Bayern Muenchen. Dibuka pada 30 Mei 2005 dengan pertandingan persahabatan antara TSV 1860 München dan FC Nürnberg, stadion ini merupakan tempat diadakannya pertandingan pembukaan Piala Dunia 2006.
Stadion ini dirancang oleh firma arsitektur Swiss, Herzog & de Meuron dan kapasitasnya adalah 69.901 kursi penonton. Kerak bagian luar menampilkan 1056 panel berbentuk belah ketupat, yang masing-masing dapat diterangi dalam warna yang berbeda (merah, biru atau putih), sehingga terlihat seperti suatu pola yang bergerak.

Stadion ini didirikan pada tahun 2001, dan dimiliki oleh dua tim sepak bola asal kota München, TSV 1860 München dan Bayern München. Tetapi karena TSV 1860 München krisis keuangan, maka FC Bayern München mengambil alih semua kepemilikan Allianz Arena dan kini Bayern München memiliki 100% dari Allianz Arena.
Allianz membayar hak sponsor dan berhak menjadi nama stadion untuk jangka waktu 30 tahun. Biaya konstruksi berdasarkan perencanaanya sebesar € 286.000.000, tetapi pada perkembangannya total biayanya menjadi € 340.000.000. Selain itu, kota dan Negara bagian membantu sekitar € 210 juta untuk pembangunan daerah sekitar stadion dan perbaikan infrastruktur.
Allianz Arena juga menjadi saksi Chelsea FC merebut trofi Liga Champions untuk kali pertama pada musim 2011/2012, usai menundukkan Bayern Muenchen dengan drama adu penalti.
3.Camp Nou Stadium (Stadion Camp Nou)
Camp Nou adalah stadion sepak bola yang terletakdi Barcelona, Spanyol.
Camp Nou merupakan stadion yang memiliki 98.772 kursi penonton dan merupakan stadion terbesar ke-7 di dunia menurut kapasitas. Stadion ini telah menyelenggarakan berbagai pertandingan internasional di tingkat senior, termasuk dua Liga Champions dan final kompetisi sepak bola di Olimpiade 1992.
Pada Juni 1950 Penandatanganan Laszl Kubala, dianggap sebagai salah satu pemain terbesar Barcelona, ​​memberikan dorongan lebih lanjut dengan pembangunan sebuah stadion yang lebih besar. Pembangunan Camp Nou dimulai pada 28 Maret 1954 sebelum kerumunan 60.000 fans Barca. Gubernur sipil Barcelona, ​​Felipe Acedo Colunga, memimpin peletakan di tempat batu pertama, dengan berkat dari Uskup Agung Barcelona, ​​Gregorio Modrego. Konstruksi waktu tiga tahun, akan 336% dari anggaran untuk biaya akhir dari 288 juta peseta. Stadion ini secara resmi dibuka pada 24 September 1957. Handel Mesias dilakukan pada pembukaan stadion. Arsitek dari stadion ini adalah tim yang terdiri dari Francesc Mitjans, Soteras Josep, dan Lorenzo García-Barbon.
4.Old Trafford Stadium (Stadion Old Trafford)
Old Trafford adalah sebuah stadion sepak bola di kota Stretford, Trafford, Manchester Raya, Inggris dan merupakan stadion milik Manchester UnitedStadion ini memiliki julukan The Theatre of Dreams yang diberikan oleh Sir Bobby Charlton.
Lapangan ini menjadi permanen milik The Red Devils sejak 1910Kadang-kadang stadion ini menjadi tuan rumah pertandingan semi-final Piala FA (sebagai tempat netral), dan menjadi markas tim nasional sepak bola Inggris ketika Stadion Wembley dalam proses renovasi. Stadion ini juga salah satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia 1966 dan Euro 1996, dan juga final Liga Champions 2003. Dengan terpilihnya London sebagai tuan rumah Olimpiade 2012, stadion ini digunakan untuk beberapa pertandingan penyisihan sepak bola pria dan wanita.

Old Trafford memiliki kapasitas 76.212 penonton, dan menjadi satu-satunya stadion di Inggris yang memiliki rating 5 bintang. Namun, dalam 3 - 4 tahun mendatang stadion ini tidak akan menjadi markas dari Inggris karena akan adanya penilaian penentuan rating bintang oleh UEFA dalam 3 - 4 tahun mendatang dan kemungkinan besar stadion Wembley akan mendapatkan rating 5 bintang karena oleh beberapa media dianggap layak memenuhi syarat stadion 5 bintang UEFA.
5.San Siro Stadium (Stadion San Siro)
San Siro adalah stadion sepak bola yang terletak di distrik San Siro, Milan, Italia. Ini adalah rumah kedua Associazione Calcio Milan (AC Milan) dan Internazionale Milano Football Club (Inter Milan FC). Pada tanggal 3 Maret 1980, stadion San Siro berganti nama menjadi stadion Giuseppe Meazza untuk menghormati Giuseppe Meazza, dia dua kali menjuarai Piala Dunia, yaitu tahun 1934 dan tahun 1938. Yang bermain untuk Internazionale, dan secara singkat untuk Milan, pada tahun 1930 dan 1940. UEFA memberikan lima status bintang stadion yang digantikan oleh sistem baru klasifikasi.
Pembangunan stadion dimulai pada 1925 di distrik San Siro Milan, dengan stadion baru awalnya bernama "Nuovo Stadio San Siro Calcistico" (San Siro New Football Stadium). Gagasan untuk membangun sebuah stadion di distrik yang sama sebagai trek balap kuda, pemilik yang kemudian adalah presiden AC Milan, Piero Pirelli. Para arsitek merancang stadion pribadi hanya untuk sepak bola, tanpa trek atletik yang ditandai stadion Italia dibangun dengan dana publik. Peresmian itu pada tanggal 19 September 1926, ketika 35.000 penonton melihat Internazionale menuai kekalahan dari Milan 6-3. Awalnya, stadion ini adalah rumah dan milik AC Milan. Pada tahun 1947 Internazionale menjadi penyewa dan mereka berdua telah berbagi stadion sejak itu.
Stadion ini mengalami renovasi lebih lanjut untuk Piala Dunia 1990 dengan $ 60.000.000 dibelanjakan. Sebagai bagian dari renovasi, stadion dengan tingkat tambahan yang ditambahkan ke tiga sisi stadion. Ini mensyaratkan pembangunan 11 menara beton di sekitar luar stadion. Empat dari menara beton yang terletak di sudut untuk mendukung atap baru yang memiliki girders khas merah menonjol.
6.Signal Iduna Park Stadium (Stadion Signal Iduna Park)
Signal Iduna Park adalah stadion sepak bola di Dortmund, Rhine-Westphalia, Jerman. Stadion ini adalah markas dari Borussia DortmundStadion ini secara resmi bernama Signal Iduna Park di bawah pengaturan sponsor berlangsung dari Desember 2005 sampai 2021, memberikan hak penamaan ke Signal Iduna Group, sebuah perusahaan asuransi. Westfalenstadion nama yang lebih tua berasal darimantan Prussian provinsi Westphalia, yang merupakan bagian dari negara
federal Jerman Rhine-Westphalia Utara. Ini adalah salah satu stadion sepak bola paling terkenal di Eropa dan terpilih terbaik stadion sepak bola oleh The Times untuk suasana yang terkenal.

Stadion ini memiliki kapasitas 81.264 kursi penonton.Ini adalah stadion terbesar di Jerman dan stadion terbesar ke-19 di dunia. Stadion ini membentuk rekor Eropa yang hadir rata-rata tahun 2004-2005 dengan total 1.354.000 penggemar.Stadion ini memecahkan rekor ini di musim 2011-2012 dengan hampir 1,37 juta penonton. Antusiasme pendukung 'semakin menghasilkan lebih dari 50.000 tiket musim dijual. Secara teratur 24.454 penggemar di teras terkenal yang disebut Südtribüne.
Pada tanggal 2 April 1974, Borussia Dortmund resmi pindah ke rumah baru mereka dan telah bermain di Westfalenstadion sejak itu. Setelah terdegradasi pada tahun 1972, BVB adalah satu-satunya anggota dari Bundesliga 2 (Divisi kedua) untuk menjadi tuan rumah pertandingan Piala Dunia 1974 di stadion yang sama sekali baru. Pada tahun 1976, setelah promosi ke Bundesliga, Borussia Dortmund memainkan pertandingan pertama di divisi tertinggi Jerman di stadion rumah baru mereka.

7.Wembley Stadium (Stadion Wembley)

 Stadion Wembley adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Wembley Park, London Borough of Brent, Inggris dan merupakan kandang dari tim nasional sepak bola Inggris. Stadion yang dibuka pada tahun 2007 ini berkapasitas 90.000 kursi penonton dan merupakan stadion terbesar ke-10 di dunia. Stadion ini juga merupakan host laga final piala domestik Inggris, Piala FA.


Stadion ini dirancang oleh Foster and Partners dan Populous (kemudian HOK Sport), termasuk lengkungan baja yang sangat terkenal di bagian struktur atap. Dengan rentang 317 meter (1.040 kaki), lengkungan baja Stadion Wembley adalah lengkungan baja struktur atap dengan bentangan tunggal terpanjang di dunia. Stadion ini dibangun oleh perusahaan Australia Multiplex dengan biaya £ 798,000,000. Stadion The Old Wembley ditutup pada bulan Oktober 2000, dengan pembongkaran awalnya ditujukan mulai pada bulan Desember tahun itu juga dan pembangunan stadion baru akan dimulai pada tahun 2003. Pada tanggal 9 Maret 2007 stadion ini pun akhirnya terselesaikan dan menjadi tuan rumah Final Piala FA 2007, lebih lambat setahun dari rencana, yaitu menjadi tuan rumah Final Piala FA 2006.
8.Santiago Barnabeu Stadium (Stadion Santiago Barnabeu)
 Santiago Bernabeu adalah stadion sepak bola yang terletak di kota Madrid, Spanyol. Stadion ini merupakan markas tim sepak bola Real Madrid. Stadion ini diresmikan pada tanggal 14 Desember 1947 dan memiliki kapasitas 81.254 kursi penonton. El Bernabéu, berganti nama untuk menghormati mantan ketua Santiago Bernabéu Yeste, adalah salah satu tempat paling terkenal dan bergengsi di dunia sepakbola. Ini telah menjadi tuan rumah final Piala Eropa empat kali: pada 1957, 1969, 1980, dan Final Liga Champions UEFA pada 2010 . Final untuk Piala Eropa 1964 dan Piala Dunia 1982 juga telah diselenggarakan di Bernabéu.

Stadion ini dirancang oleh Manuel Muñoz MonasterioLuis Alemany Soler,
Antonio Lamela dengan biaya  € 1.732.943, dan mulai di buat pada tanggal 27 Oktober 1944.

9.Emirates Stadium (Stadion Emirates)

Stadion Emirates adalah sebuah stadion sepak bola yang terletak di Ashburton Grove di Holloway, London Utara, Inggris. Ini adalah rumah dari Arsenal Football ClubEmiratesStadium merupakan terbesar ketiga stadion sepak bola di Inggris setelah Wembley dan Old Trafford dan keempat terbesar di Inggris. Stadion ini berkapasitas 60.361 kursi penonton, dan menggantikan stadion lama Arsenal, Highbury yang telah dipakai The Gunner’s Arsenal selama kurang lebih 93 tahun (1913-2006). Pembuatan stadion ini membutuhkan dana kurang lebih sekitar 430 juta poundsterling. Sebelumnya stadion ini bernama Ashburton Grove dan nama resminya adalah Stadion Arsenal, tapi dinamai Emirates Stadium karena tim Arsenal mencapai kesepakatan dengan perusahaan penerbangan Emirates untuk mensponsori Arsenal selama 15 tahun.

Emirates Stadium adalah semangkuk bertingkat tiga dengan atap polikarbonat tembus di atas tribun tapi tidak di lapangan Stadion ini telah mengalami proses awal 'Arsenalisation' pada bulan Agustus 2009, dengan tujuan memulihkan warisan klub dan sejarah. Tanah telah sering menyelenggarakan konser musik dan perlengkapan internasional yang menampilkan . Bawah ini dilapisi dengan panel logam dan atap didukung oleh empat gulungan segitiga, terbuat dari pipa baja dilas.


Dua gulungan rentang 200 meter (660 kaki) di arah utara-selatan sementara rentang dua lebih lanjut arah timur-barat. The gulungan didukung oleh core vertikal stadion beton, delapan di antaranya dihubungkan kepada mereka oleh baja tripod . Mereka pada gilirannya setiap rumah tangga empat, lift penumpang serta akses layanan. Fasad yang baik mengkilap atau ditenun antara core yang memungkinkan pengunjung di podium untuk melihat di dalam stadion. Kaca dan konstruksi baja adalah dirancang oleh HOK untuk memberi kesan bahwa berkilau stadion di bawah sinar matahari dan bersinar di malam hari.

10. Soccer City Stadium (Stadion Soccer City)
Soccer City stadium (FNB Stadium) terletak di Soweto, Johannesburg Afrika Selatan. Stadion ini merupakan stadion terbesar di Afrika dengan kapasitas 94.700. Stadion ini digunakan pada acara pembukaan pertandingan antara afrika selatan vs meksiko, selain itu stadion ini digunakan 4 kali putaran pertama piala duni, 1 kali putaran kedua, 1 perempat final, dan partai Final, pada saat itu Spanyol meraih Trofi World Cup untuk kali pertama saat menundukkan Belanda.
Stadion Soccer City Johannesburg ini akan menjalani peningkatan utama untuk turnamen 2010, dengan bentuk baru diilhami di samping barang tembikar tradisonal Afrika dan kecakapan yang diperbarui bagi 87.500 penggemar sepak bola di seluruh dunia. Lapis atas akan diperpanjang di seluruh stadion untuk menambah kecakapan ke 87.500 dengan 99 sederetan eksekutif lagi, atap mengepung akan dibangun, fasilitas kamar berganti yanag baru akan diperkembangkan dan lampu sorot baru akan dipasang.
Tender sebesar 1,5 milyar untuk menguprade stadion didapatkan oleh Grinaker-LTA. Grinaker-LTA mengeluarkan pernyataan penekanayang menyebut memulai pembuatan dalam dua minggu. Stadion ini di bangun pada tahun 1987, dan direnovasi pada tahun 2009 yang mengeluarkan biaya 200 juta Dolar AS. Stadion ini di arsiteki oleh Schlaich Bergermann und Partner. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By