Breaking News

Sabtu, 16 November 2013

11 Pemain Terbaik Chelsea FC Sepanjang Masa

Hy teman pada kesempatan ini saya Thomo akan memberikan informasi kepada teman 11 pemain terbaik Chelsea menurut pendapat saya, semoga bermanfaat.

1.Peter Osgood

Apabila Manchester United memiliki Eric Cantona dan Arsenal memiliki Thierry Henry, maka Chelsea memiliki Peter Osgood. Pemain yang membela The Blues selama 10 (+1) tahun ini memang dianggap sebagai raja oleh para public Stamford Bridge. Kemampuannya mencetak gol membuat dirinya menjadi salah satu striker yang paling ditakuti di tanah Britania ketika itu.
Salah satu momen terbaik Osgood yang dikenang oleh para fans Chelsea adalah ketika diving-headernya membawa The Blues menjuarai FA Cup untuk pertama kalinya pada tahun 1970. Setahun berselang, ia membawa klubnya menjuarai UEFA Cup Winners’ Cup setelah berhasil mengatasi Real Madrid.
Striker yang mencetak 380 caps 150 gol sepanjang karirnya bersama Chelsea ini sekarang mungkin telah berada di surga, namun sebuah patung yang berdiri di depan Stamford Bridge menandakan bahwa dirinya tetap hidup di hati para fans The Blues.

2.Bobby Tambling

Sebelum Frank Lampard menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Chelsea, ada sosok Bobby Tambling yang memegang rekor tersebut. 202 gol yang ia cetak selama 11 tahun berbaju The Blues itu bertahan selama lebih dari 40 tahun. Tambling yang berkarir di Chelsea dari tahun 1959 hingga 1970 pertama kali mendapatkan kesempatan setelah Jimmy Greaves hijrah ke AC Milan. Meski ia merupakan striker yang tajam, sayang ia hanya mampu menyumbangkan satu gelar sepanjang karirnya berkostum The Blues. Tetapi tetap saja namanya akan selalu didengungkan di Stamford Bridge.

3. Kerry Dixon

Setelah era Bobby Tambling, muncullah Kerry Dixon sebagai andalan Chelsea dalam menjebol gawang lawan. Perolehan 193 gol selama 420 kali bertanding menjadikannya pencetak gol terbanyak ketiga sepanjang sejarah Chelsea.
Di musim pertamanya, ia langsung berjasa membawa Chelsea promosi ke Divisi I setelah menjuarai Divisi II. Gol demi gol yang ia ciptakan langsung membuat public Stamford Bridge jatuh hati kepada Kerry Dixon. Dalam dua musim pertamanya, ia langsung mencetak 70 gol hanya dalam 101 pertandingan. Jumlah gol yang sangat tinggi, bahkan untuk di era sekarang. Kerry Dixon 11 tahun berseragam Chelsea, ia menyumbangkan dua gelar FA Cup, satu gelar UEFA Cup Winners’ Cup, dan satu gelar Football League Cup.

4.Ron Harris

Sekitar 20 tahun sbelum John Terry muncul sebagai bek tangguh di lini belakang, Chelsea memiliki seorang pemain bertahan yang hebat. Kemampuannya dalam menjaga daerah pertahanan tidak perlu diragukan. Memegang rekor caps terbanyak dengan 795 penampilan dan mencetak 13 gol. Ron Harris adalah salah satu intrumen penting dalam skuad Chelsea ketika menjuarai FA Cup dan UEFA Cup Winners’ Cup.
Centre half yang mendapatkan julukan “Chopper” ini terkenal oleh sebab tekel kerasnya yang menjurus kasar. Namun demikian, pemain yang menjadi kapten ketika Chelsea menjuarai FA Cup tahun 1970 ini tidak perlu diragukan lagi loyalitasnya. 18 tahun hidupnya ia habiskan berseragam biru milik Chelsea. Sekarang, ia bekerja di Chelsea TV.

5.Dennis Wise


Ketika diboyong dari Wimbledon di tahun 1990, jumlah mahar sebesar 1,6 juta Poundsterling yang digelontorkan Chelsea menjadi rekor transfer klub ketika itu. Ternyata uang yang dikeluarkan sepadan dengan apa yang mereka dapatkan. Operan dan permainan Wise di lapangan tengah Chelsea sangatlah brillian.11 tahun berseragam Chelsea, ia menyumbangkan dua gelar FA Cup, satu gelar UEFA Cup Winners’ Cup, dan satu gelar Football League Cup. Sang gelandang serba bisa menjadi pemain keenam dengan penampilan terbanyak sepanjang sejarah klub, tampil 445 kali dan mencetak 76 gol.
Salah satu gol paling dikenang dari Wise adalah ketika golnya menyamakan kedudukan melawan AC Milan di babak penyisihan grup awal Liga Champions, 26 Oktober 1999, sekaligus menggagalkan ambisi I Rossoneri melaju ke babak berikut. Wise juga pernah mendapatkan gelar player of the year pada tahun 1998 dan 2000.

6.Roberto Di Mateo

Di Matteo merantau ke tanah Inggris. Ia memulai perjalanan panjangnya bersama Chelsea yang saat itu ditangani oleh Ruud Gullit. Di Matteo adalah sosok yang sangat disukai publik Stamford Bridge. RDM membobol gawang Middlesbrough ketika pertandingan baru berjalan 42 detik. Chelsea menang 2-0 dalam laga itu. Pada 29 Maret, Di Matteo juga mencetak gol yang membantu Chelsea mengalahkan Middlesbrough 2-0. Bedanya kali ini Chelsea mengalahkan The Boro dalam laga final Piala Liga. Di Matteo ikut membawa Chelsea meraih trofi di ajang Eropa. The Blues menjadi juara Piala Winner setelah mengalahkan Stuttgart 1-0 di final yang berlangsung pada 13 Mei. Tahun 2000 Di Matteo kembali menjadi aktor penentu kemenangan Chelsea. Dalam laga final Piala FA melawan Aston Villa, Di Matteo mencetak gol tunggal. Saat bermain di Chelsea RDM mencetak 54 gol dari 196 penampilan. Pada februari 2002, Di Matteo memutuskan pensiun dini pada usia 31 tahun. Saat menjadi pelatih sementara Di Matteo mengantarkan Chelsea meraih trofi Piala FA setelah mengalahkan Liverpool 2-1 di final. Pada tanggal 19 Mei 2012, ia memimpin Chelsea meraih pencapaian terbesar sepanjang sejarah klub. The Blues berhasil mengalahakn Bayern Munich dalam laga final Liga Champions di Allianz Arena lewat drama adu penalti. RDM sangat berjasa pada The Blues dan tak akan pernah dilupakan oleh public Stamford Bridge.

7. Gianfranco Zola

Saya yakin tidak ada satupun pendukung Chelsea yang berani meragukan kualitas seorang Gianfranco Zola. Dibeli dari  Parma pada tahun 1996, ia langsung menunjukkan kualitasnya yang luar biasa. Kontrol bola dan visinya dalam memberikan operan secara drastis mengubah tim secara keseluruhan. Mencetak 80 gol dari 309 pertandingan di semua turnamen, pemain berdarah Italia ini berhasil memenangkan hati fans Chelsea. Zola memberikan beberapa gelar saat bermain untuk Chelsea Piala FA 1996-1997,1999-2000, Piala Liga Inggris 1997-1998, Charity Shield pada tahun 2000, Piala Winners UEFA 1997-1998, Piala Super Eropa 1998. Zola memang mengakhiri karir di Stamford Bridge, namun sampai kapanpun kejeniusan pemain ini akan selalu dirindukan oleh segenap fans the blues.

8.Frank Lampard

Frank lampard bergabung dengan Chelsea dengan nilai transfer £11 juta, pada tanggal 15 Mei 2001. Debut lampard membela Chelsea adalah pada pertandingan pra-musim melawan Leyton Orient pada tanggal 26 Juli 2001 dan mencetak gol pertamanya pada pertandingan pra-musim lain melawan Northampton Town, yang berhasil dimenangkan oleh Chelsea dengan skor telak 7-1, pada tanggal 1 Agustus 2001. Menjadi salah satu bagian penting dalam kesuksesan Chelsea selama 10 tahun terakhir tak membuatnya kehilangan rasa cintanya terhadap klub ini. Ia malah memilih tetap setia meski hampir saja dibuang oleh Roman Abramovich.
Sekarang ia adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi Chelsea dengan perolehan 251 gol dari 844 penampilan sebelum dijual ke New York City FC, saya sebagai fnas the blues merasa kecewa karena menjual franki. Tetapi  Frank Lampard tetap sebagai salah satu pemain tengah terbaik chelsea. Butuh waktu yang sangat lama bagi The Blues untuk mendapatkan pengganti pemain seperti Frankie di masa mendatang.
Bersama Chelsea, ia telah memenangkan tiga gelar Liga Utama Inggris (musim 2004-2005, 2005-2006, dan 2009-2010), empat gelar Piala FA (tahun 2007, 2009, 2010, dan 2012), dua gelar Piala Liga Inggris (tahun 2005 dan 2007), dua gelar Community Shield (tahun 2005 dan 2009), satu gelar Liga Champions UEFA (tahun 2012), satu gelar Liga UEFA Eropa (tahun 2013). Lampard juga pernah meraih penghargaan pemain terbaik piala FA : 2006-2007, 2008-2009, 2009-2010 dan pemain terbaik Piala Liga Inggris : 2004-2005, 2006-2007.

9.Didier Drogba

Didier Drogba adalah salah satu pembelian tersukses Jose Mourinho ketika datang ke Chelsea. Dibeli dari Olympique Marseille dengan harga yang cukup tinggi, ia membayar lunas harga tersebut dengan gol demi gol yang ia cetak. Total 150 gol ia sumbangkan selama delapan tahun berkarir di Stamford Bridge.
Kemampuannya mencetak gol tidak lepas dari fisiknya yang begitu kuat, sekalipun harus beradu badan di udara. Entah sudah berapa gol yang ia ciptakan lewat sundulan kepalanya. Kecepatannya dalam berlari juga tidak terlalu buruk.
Momen terbaik pria asal Pantai Gading ini jelas ketika ia membawa Chelsea menjuarai UEFA Champions League 2012. Sebagai penendang penalty terakhir, ia berhasil mengecoh Manuel Neuer dan memberikan piala yang selama ini hanya menjadi mimpi bagi The Blues. Sampai kapanpun, namanya akan tetap dikenang sebagai salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Chelsea sepanjang sejarah.



10.John Terry

John Terry bisa jadi adalah kapten paling sukses yang pernah dimiliki Chelsea. Betapa tidak, Terry mengapteni The Blues pada periode tersukses sepanjang sejarah klub, meraih 11 trofi dalam 13 tahun dan bahkan menyabet gelar Pemain Terbaik dengan posisinya sebagai bek tengah di akhir musim 2004/05.Terry adalah kapten tersukses dalam sejarah Chelsea. Ia berhasil meraih tiga gelar juara Liga Primer Inggris, tiga gelar juara Piala FA, dua gelar juara Piala Liga Inggris, dua gelar juara Community Shield, satu gelar juara Liga Champions UEFA, satu gelar Liga UEFA Eropa . Ia adalah satu dari lima pemain yang telah membuat 450 kali penampilan di semua kompetisi untuk Chelsea dan juga bek dengan gol terbanyak untuk klub tersebut. Terry tercatat sebagai kapten klub pertama yang menjuarai Piala FA di Stadion New Wembley pada tahun 2007.

11.Petr Cech

Petr Cech bergabung dengan Chelsea pada bulan Juli 2004. Ia adalah pemegang rekor jumlah pertandingan paling sedikit untuk tak kebobolan paling banyak di Liga Primer Inggris, dengan 100 kali tak kebobolan dalam 180 kali penampilan. Cech diharuskan menggunakan helm pengaman yang biasa digunakan para pemain rugby dalam setiap latihan dan pertandingan sepak bola sejak bulan Januari 2007. Hal tersebut disebabkan struktur tulang tengkoraknya yang lemah akibat cedera retak tulang tengkorak yang ia alami setelah kepalanya terkena hantaman lutut kanan Stephen Hunt saat Chelsea bertemu Reading pada 14 Oktober 2006.
Cech adalah salah satu penjaga gawang terbaik di dunia. Ia terpilih sebagai Penjaga Gawang Terbaik Liga Champions UEFA musim kompetisi 2004-05, 2006-07, dan 2007-08. Ia terpilih sebagai salah satu dari Penjaga Gawang Terbaik Dunia menurut International Federation of Football History & Statistics pada tahun 2010. Bersama Chelsea, Petr Cech telah memenangkan tiga gelar Liga Utama Inggris (musim 2004-2005, 2005-2006, dan 2009-2010), empat gelar Piala FA (tahun 2007, 2009, 2010, dan 2012), dua gelar Piala Liga Inggris (tahun 2005 dan 2007), dua gelar Community Shield (tahun 2005 dan 2009), satu gelar Liga Champions UEFA (tahun 2012), satu gelar Liga UEFA Eropa (tahun 2013).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By